TPQ Al Mubarok
Rabu 8 November 2017

Butuh - Taman Pendidikan Al Qur’an merupakan kelompok atau lembaga masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal. Pendidikan non formal tersebut di bidang keagamaan Islam. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengajaran membaca Al Qur’an sejak usia dini. Sekaligus sebagai tempat bermain anak-anak ke arah yang positif.

Sama halnya dengan TPQ Al Mubarok yang terdapat di Dukuh Butuh RT.7/RW.1. Ada sekitar 50 anak-anak yang tergabung dalam TPQ tersebut. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan sore tersebut. Disamping mereka bermain dengan teman lainnya, tetapi juga belajar di bidang agama islam.

“Tahun 2009 mulai berdiri. Ada sekitar 50 anak, bisa lebih kalau datang semua. Alhamdulillah, anak-anak yang mengikuti antusias. Saya beserta keluarga yang mengelola ini yang dulunya dengan keadaan seadanya merintis TPQ dan dibantu warga sekitar,” kata Puri, salah satu pengelola dan ustadzah TPQ Al Mubarok.

Waktu belajar anak-anak di TPQ Al Mubarok adalah setiap hari Selasa sampai hari Jumat. Hari Senin sampai Jumat dimulai pukul 15.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Untuk hari Sabtu biasanya digunakan latihan hadroh anak-anak. Pengajar TPQ nya sendiri dari keluarga Putri dan hari tertentu seperti Selasa dan Kamis, ada guru TPQ dari Ponpes daerah sawit kalau hari tertentu Selasa Kamis, ada guru dari Sawit.

Kendala selama mengelola TPQ tersebut terletak pada tempat belajar mengajinya. Dimana saat ini lokasinya satu area dengan rumah Putri atau depan rumahnya. Namun, meskipun begitu kegiatan mengaji tersebut masih tetap berjalan. Kini sudah ada tanah waqaf dari warga yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengaji dan masih diusahakan untuk pembangunannya. “Alhamdulillah, ada tanah yang diwaqafkan, rencana nanti tempat permanen. Ini baru mengumpulkan dana untuk membangun. 

Berita Terkini
Bersih Desa Butuh
Rabu 8 November 2017
Posyandu Desa
Rabu 8 November 2017
Perbaikan Dam Desa Butuh
Rabu 8 November 2017